RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMPMu Ahmad Dahlan
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : VII/Ganjil
Materi Pembelajaran : Klasifikasi Makhluk Hidup
Alokasi Waktu : 15 JP
A. Kompetensi Inti
KI 3 : Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
KI 4: Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar
3.2.Mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda berdasarkan
karakteristik yang diamati
4.2.Menyajikan hasil pengklasifikasian makhluk hidup dan
benda di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati.
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2.1. Menyajikan hasil
pengamatan, mengidentifikasi, dan mengkomunikasikan hasil observasinya.
3.2.2. Menjelaskan
benda-benda di sekitar yang bersifat alamiah
3.2.3. Menjelaskan
benda-benda di sekitar yang bersifat buatan manusia
3.2.4. Menjelaskan
benda-benda yang bersifat kompleks dan bersifat sederhana.
3.2.5. Menjelaskan kegunaan dari
berbagai jenis benda di sekitar.
3.2.6. Melakukan pengamatan
terhadap mahluk hidup dan benda tak hidup.
3.2.7. Menjelaskan ciri-ciri
mahluk hidup.
3.2.8. Menjelaskan perbedaan
mahluk hidup dengan benda tak hidup.
3.2.9. Melakukan pengamatan
terhadap berbagai mahluk hidup di sekitarnya.
3.2.10. Menjelaskan ciri-ciri
mahluk hidup di sekitarnya.
3.2.11. Mengelompokkan mahluk
hidup berdasarkan prinsip klasifikasi.
D. Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta didik dapat menyajikan hasil pengamatan,
mengidentifikasi, dan mengkomunikasikan hasil observasinya.
2.
Peserta didik dapat menjelaskan benda-benda di
sekitar yang bersifat alamiah
3.
Peserta didik dapat menjelaskan benda-benda di
sekitar yang bersifat buatan manusia
4.
Peserta didik dapat menjelaskan benda-benda yang
bersifat kompleks dan bersifat sederhana.
5.
Peserta didik dapat menjelaskan kegunaan dari
berbagai jenis benda di sekitar.
6.
Peserta didik dapat melakukan pengamatan
terhadap mahluk hidup dan benda tak hidup.
7.
Peserta didik dapat menjelaskan ciri-ciri mahluk
hidup.
8.
Peserta didik dapat menjelaskan perbedaan mahluk
hidup dengan benda tak hidup.
9.
Peserta didik dapat melakukan pengamatan
terhadap berbagai mahluk hidup di sekitarnya.
10.
Peserta didik dapat menjelaskan ciri-ciri mahluk
hidup di sekitarnya.
11.
Peserta didik dapat mengelompokkan mahluk hidup
berdasarkan prinsip klasifikasi.
E. Materi
Pembelajaran
Ø
Ciri-ciri benda di lingkungan sekitar
Ø
Cara mengklasifikasikan Makhluk Hidup
·
Ciri-ciri makhluk Hidup
Ø
Pengklasifikasian Makhluk hidup
·
Cara mengelompokkan Tumbuh-tumbuhan
·
Cara mengelompokkan hewan
Ø
Klasifikasi Dikotom dan Kunci Determinasi
·
Kriteria Klasifikasi Tumbuhan
·
Kriteria Klasifikasi Hewan
·
Kunci Determinasi
F. Metode Pembelajaran
Ø
Jigsaw
Ø
Picture and picture
Ø
STAD
G. Media / alat, Bahan dan Sumber Belajar
a. Pertemuan Pertama
1). Alat
Ø
Lembar pengamatan
b. Pertemuan Kedua
1). Alat
Ø
Lembar pengamatan
c. Pertemuan Ketiga
1) Alat
Ø
Lembar pengamatan
d. Pertemuan Keempat
1). Alat
Ø
Lembar pengamatan
E. Pertemuan Kelima
1). Alat
Ø
Kertas origami
Ø
Gunting
Ø
Kertas Karton
2). Sumber Belajar:
Ø
Buku IPA kelas VII Kemdikbud rev 2016
Ø
Buku IPA relevan lainnya.
Ø
Internet
Ø
Lingkungan Sekitar
H. Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan
Pertama (2 JP)
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1. Untuk
memperoleh perhatian dan memotivasi Peserta Didik mintalah kepada mereka untuk
mengamati perbedaaan antara anak yang sedang bermain bola dengan sebuah robot serta
berbagai benda di lingkungan sekitar dan menyampaikan hasil pengamatannya.
2.
Peserta didik menerima penyampaian tujuan dan manfaat pembelajaran.
3.
Peserta didik menerima penyampaian informasi tentang kegiatan yang akan
dilakukan.
b. Kegiatan Inti (60 menit)
1. Secara
berkelompok, Peserta Didik melakukan kegiatan mengamati perbedaan ikan, kucing,
dan mobil-mobilan. Selanjutnya kepada Peserta Didik diminta untuk melakukan
Kegiatan 2.1 “Bagaimanakah Ciri Hidup dan Tak Hidup?”. Peserta Didik mengamati
ciri-ciri benda takhidup dan makhluk hidup pada beberapa contoh benda tak hidup
dan makhluk hidup. Kemudian menuliskan hasil kerjanya (sesuai kreasi Peserta
Didik), dan mendiskusikan hasilnya.
2. Doronglah
Peserta Didik untuk tidak takut salah, dan yang terpenting bahwa prosedur
dilakukan dengan benar dan aman.
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
1. Guru
melakukan refleksi dan kesimpulan dari kegiatan pembelajaran kegiatan 2.1
“Bagaimanakah Ciri Hidup dan Tak Hidup?” kemudian berikan penugasan.
2.
Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang
berkinerja baik.
3.
Guru memberikan penugasan kepada Peserta Didik.
4.
Guru Menyampaikan materi pertemuan berikutnya.
2.
Pertemuan Kedua (2 JP)
a.
Kegiatan pendahuluan (10 Menit)
1. Untuk
memperoleh perhatian dan memotivasi Peserta Didik mintalah kepada mereka untuk
melakukan pengamatan gejala-gejala hidup pada manusia, tumbuhan, dan hewan.
2.
Peserta didik menerima penyampaian tujuan dan manfaat pembelajaran.
3.
Peserta didik menerima penyampaian informasi tentang kegiatan yang akan
dilakukan.
b. Kegiatan Inti (60 menit)
1. Secara
berkelompok, Peserta Didik berdiskusi untuk menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup
dan membedakannya dengan benda-benda tak hidup pada Kegiatan 2.2 “Apa ciri-ciri
makhluk hidup?” dan Kegiatan 2.3 “Mengklasifikasikan benda”.
2. Guru
mendiskusikan dan menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan membedakannya dengan
benda-benda tak hidup.
3. Guru
menjelaskan besaran massa beserta satuan dasar (kg) serta penggunaan alat ukur
neraca lengan untuk menimbang massa benda serta neraca pegas untuk menimbang
beban. Setelah dimodelkan oleh guru, Peserta Didik mencoba sesuai kegiatan “Ayo
Kita Lakukan” secara berkelompok.
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
1.
Guru dan peserta didik mereview hasil kegiatan
pembelajaran.
2.
Guru dan peserta didik merefleksikan ciri-ciri
makhluk hidup dan mengklasifikasikannya.
3.
Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang
berkinerja baik.
4.
Guru menyampaikan materi pertemuan berikutnya.
3.
Pertemuan Ketiga (3JP)
a.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1. Untuk
memperoleh perhatian dan memotivasi Peserta Didik diberi penjelasan tentang
pasar. Guru dan Peserta Didik melakukan diskusi interaktif tentang pengalaman
Peserta Didik saat belanja di pasar yang di dalamnya terdapat kelompok-kelompok
barang dagangan, seperti kelompok kebutuhan pokok, kelompok buah-buahan,
kelompok alat rumah tangga, dan lain-lain.
2.
Peserta didik menerima penyampaian tujuan dan manfaat pembelajaran.
3.
Peserta didik menerima penyampaian informasi tentang kegiatan yang akan
dilakukan.
b. Kegiatan Inti (100 menit)
1.
Peserta didik diminta
untuk mengamati beberapa tumbuhan yang ada disekitar
2.
Peserta didik mengidentifikasi ciri-ciri
masing-masing tumbuhan
3.
Peserta didik
mengelompokkan tumbuhan berdasarkan prinsip klasifikasi pada kegiatan 2.5 “cara
mengelompokkan tumbuh-tumbuhan”.
4.
Peserta didik
mempresentasikan hasil kegiatannya di depan kelas.
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
1.
Guru dan peserta didik mereview hasil kegiatan
pembelajaran.
2.
Guru dan peserta didik merefleksikan cara
mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi.
3.
Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang
berkinerja baik.
4.
Guru menyampaikan materi pertemuan berikutnya.
4.
Pertemuan Ke empat (3 JP)
a.
Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
1. Untuk
memperoleh perhatian dan memotivasi Peserta Didik diberi penjelasan tentang
pasar. Guru dan Peserta Didik melakukan diskusi interaktif tentang pengalaman
Peserta Didik saat belanja di pasar yang di dalamnya terdapat kelompok-kelompok
barang dagangan, seperti kelompok kebutuhan pokok, kelompok buah-buahan,
kelompok alat rumah tangga, dan lain-lain.
2.
Peserta didik menerima penyampaian tujuan dan manfaat pembelajaran.
3.
Peserta didik menerima penyampaian informasi tentang kegiatan yang akan
dilakukan.
b. Kegiatan Inti (80 menit)
1.
Peserta didik diminta
untuk mengamati beberapa hewan yang ada disekitar
2.
Peserta didik mengidentifikasi ciri-ciri
masing-masing hewan
3.
Peserta didik
mengelompokkan hewan berdasarkan prinsip klasifikasi pada kegiatan 2.6 “cara
mengelompokkan hewan”.
4.
Peserta didik
mempresentasikan hasil kegiatannya di depan kelas.
c. Kegiatan Penutup (20 menit)
1.
Guru dan peserta didik mereview hasil kegiatan
pembelajaran.
2.
Guru dan peserta didik merefleksikan cara
mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi.
3.
Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang
berkinerja baik.
4.
Guru menyampaikan materi pertemuan berikutnya.
5.
Pertemuan Ke lima (3 JP)
a.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1.
Untuk memperoleh
perhatian dan memotivasi Peserta Didik diberi penjelasan tentang klasifikasi
dikotom dan kunci determinasi dengan memberikan contoh persamaan dan perbedaan
berdasarkan ciri yang dimiliki makhluk hidup
2.
Peserta didik menerima penyampaian tujuan dan manfaat pembelajaran.
3.
Peserta didik menerima penyampaian informasi tentang kegiatan yang akan
dilakukan.
b. Kegiatan Inti (100 menit)
1. Peserta
didik diminta untuk mengamati dan mengerjakan lembar kerja siswa ayo kita
lakukan “Bermain dengan klasifikasi Dikotom” dan “Mengapa kita membutuhkan
kunci Determinasi”.
2. Peserta
didik mempresentasikan hasil kegiatannya di depan kelas.
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
1.
Guru dan peserta didik mereview hasil kegiatan
pembelajaran.
2.
Guru dan peserta didik merefleksikan cara
mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi.
3.
Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang berkinerja
baik.
4.
Guru menyampaikan materi pertemuan berikutnya
6. Pertemuan Keenam (2 Jp)
Ulangan Harian (UH)
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar dan jelas.
1. Mengapa
sepeda motor dan mobil mempunyai ciri dapat bergerak danmengeluarkan zat sisa,
tetapi tidak disebut sebagai makhluk hidup? Jelaskanjawaban kamu terkait dengan
ciri-ciri makhluk hidup.
2. Sebutkan
persamaan bentuk dan perbedaan pola makanan antara ayam dan burung elang, Carilah
hewan-hewan lain yang memiliki ciri-ciri yang sama dengan ayamdan
3.
elang.
4. Jika
kamu perhatikan, rumah rayap dari hari ke hari terus bertambah besar.Dari
peristiwa ini, apakah rumah rayap tersebut disebut hidup? Jelaskanalasannya.
5. Pada
suatu hari, kamu menemukan benda yang mempunyai ciri dapatbergerak, tidak dapat
bereproduksi, dan bertambah ukurannya. Dari bendayang kamu temukan, termasuk
benda tak hidup atau makhluk hidup? Jelaskanalasannya.
I. Penilaian
1. Jenis / tehnik penilaian dan bentuk instrumen
Jenis
Penilaian
|
Teknik
Penilaian
|
Instrumen
|
Bentuk
Instrumen
|
Sikap
|
-
|
-
|
Jurnal
|
Pengetahuan
|
Tes tertulis
|
Lembar tes tulis
|
Uraian
|
Keterampilan
|
Tes Kinerja
|
Lembar Pengamatan
|
Rubrik pengamatan
|
2. Instrumen penilaian
a). Sikap
Teknik Penilaian : -
Instrumen : -
Bentuk Instrumen : Jurnal
NO
|
HARI/TANGGAL
|
NAMA PESERTA DIDIK
|
CATATAN PERILAKU
|
BUTIR SIKAP
|
KET
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
b). Pengetahuan
Teknik Penilaian : Tes tertulis
Instrumen : Lembar tes tulis
Bentuk Instrumen : Uraian
NO
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Soal
|
Jumlah Soal
|
1
|
3.2.Mengklasifikasikan
makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati.
|
3.2.1. Menyajikan hasil
pengamatan, mengidentifikasi, dan mengkomunikasikan hasil observasinya.
3.2.2. Menjelaskan
benda-benda di sekitar yang bersifat alamiah
3.2.3. Menjelaskan
benda-benda di sekitar yang bersifat buatan manusia
3.2.4. Menjelaskan
benda-benda yang bersifat kompleks dan bersifat sederhana.
3.2.5. Menjelaskan
kegunaan dari berbagai jenis benda di sekitar.
3.2.6. Melakukan
pengamatan terhadap mahluk hidup dan benda tak hidup.
3.2.7. Menjelaskan
ciri-ciri mahluk hidup.
3.2.8. Menjelaskan
perbedaan mahluk hidup dengan benda tak hidup.
3.2.9. Melakukan
pengamatan terhadap berbagai mahluk hidup di sekitarnya.
3.2.10. Menjelaskan
ciri-ciri mahluk hidup di sekitarnya.
3.2.11. Mengelompokkan
mahluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi.
|
1. Mengapa
sepeda motor dan mobil mempunyai ciri dapat bergerak danmengeluarkan zat
sisa, tetapi tidak disebut sebagai makhluk hidup? Jelaskanjawaban kamu
terkait dengan ciri-ciri makhluk hidup.
2. Sebutkan
persamaan bentuk dan perbedaan pola makanan antara ayam dan burung elang,
Carilah hewan-hewan lain yang memiliki ciri-ciri yang sama dengan ayam dan
elang
3. Jika
kamu perhatikan, rumah rayap dari hari ke hari terus bertambah besar. Dari
peristiwa ini, apakah rumah rayap tersebut disebut hidup? Jelaskan alasannya
4. Pada
suatu hari, kamu menemukan benda yang mempunyai ciri dapat bergerak, tidak
dapat bereproduksi, dan bertambah ukurannya. Dari benda yang kamu temukan,
termasuk benda tak hidup atau makhluk hidup? Jelaskan alasannya.
|
4
|
No Soal
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1
|
1. Karena
sepeda motor tidak memiliki ciri-ciri dari makhluk hidup diantaranya:
a. Bernapas
b. Memerlukan
makanan dan minuman
c. Bergerak
d. Tumbuh
dan berkembang
e. Berkembang
biak (reproduksi)
f. Peka
terhadap rangsang
g. Menyesuaikan
diri terhadap lingkungan
|
4
|
2
|
2. Persamaan
bentuk ayam dan elang
1. Mempunyai
cakar yang tajam
2. Mempunyai
paruh
3. Berbulu
tebal
Pola makan ayam dan elang
Ø Ayam
memakan segalanya sedangkan burung elang memakan ikan dan daging
Hewan yang memiliki ciri yang sama
dengan ayam dan elang yaitu
Ø Tikus
dan Hamster
Ø Rusa
dan Kijang
|
4
|
3
|
Rumah
rayap tidak disebut hidup karena tidak memiliki ciri-ciri dari makhluk hidup
|
4
|
4.
|
3. Benda
tersebut benda tidak hidup karena benda tersebut tidak memenuhi kriteria dari
ciri-ciri makluk hidup.
|
4
|
Skor
Maksimum
|
16
|
Ket
:
Nilai =
c). Keterampilan
Teknik Penilaian : Tes Kinerja
Instrumen :
Lembar Pengamatan
Bentuk Instrumen :
Rubrik Pengamatan
NO
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
TEKNIK
PENILAIAN
|
1
|
5.2.Menyajikan
hasil pengklasifikasian makhluk hidup dan benda di lingkungan sekitar
berdasarkan karakteristik yang diamati
|
Klasifikasi Makhluk
Hidup
|
-
|
Kinerja
|
NO
|
ASPEK
YANG DINILAI
|
SKOR
|
||||
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan
|
|
|
√
|
|
|
2
|
Melakukan eksperimen sesuai dengan prosedur
|
|
|
|
|
√
|
3
|
Membuat Laporan/kesimpulan
|
|
|
|
√
|
|
|
Jumlah Skor maksimum
|
9
(2+4+3)
|
Ket
:
Nilai =
Mengetahui,
Kepala SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro
Ali Musyafa,
S.Ag
NBM. 930 055
|
|
Metro, 13 Juli 2016
Guru Mapel Ilmu
Pengetahuan Alam
Ahmad Fatoni,
S.Pd
NBM. 1 229 992
|
LKS
No comments:
Post a Comment